Efek Keguguran Tidak Dikuret

4163
darah haid dan keguguran

Efek Keguguran Tidak Dikuret

Assalamualaikum dok, salam kenal
Kakak saya dbulan awal desember 2014 kmrn mengalami keguguran usia kandungan 3bulan dn tidak dkuret, tp d awal januari darah seperti haid keluar tidak seperti haid biasa, kadang mengeluarkan gumpalan darah ,d awal darah keluar sedikit, lama2 semakin bnyk, dn ahir bulan januari 2015 ini drah mulai berkurang tp tak kunjung selesai, sudah hmpir 3 minggu lebih.
Apa ini tidak berbahaya y dok untk kesehatan kakak sya, krna darah yg keluar cukup lama ,mohon dijawab . terimakasih

Dari Mira

Wa’alaikumussalaam warahmatullaahi wabarakaatuh.

Saudari Mira yang kami hormati,

Paska keguguran, umumnya wanita akan mengalami pendarahan atau flek sekitar 1-3 minggu, dengan volume dan karakteristik yang bervariasi, ada yang banyak, ada yang sedikit, ada yang disertai gumpalan, ada pula yang berhenti kemudian darah keluar lagi. Volume darah yang keluar akan semakin berkurang seiring kembalinya kondisi tubuh seperti sebelum masa kehamilan, sekitar 6 minggu paska keguguran.

Keluarnya darah lebih lama dari periode tersebut atau diluar periode tersebut (darah berhenti, kemudian keluar lagi) memerlukan perhatian khusus. Pendarahan yang memanjang bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah adanya sisa jaringan produk kehamilan dalam rahim. Jika sebelum hamil menstruasi kakak Anda tidak memiliki ciri seperti itu, dan saat ini tidak dalam penggunaan kontrasepsi hormonal, kami sarankan untuk segera menghubungi dokter kandungan yang menanganinya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan kemungkinan meliputi USG, juga pengecekan darah untuk mengetahui kadar Hb dan kemungkinan penurunan trombosit. Jika terbukti ada sisa jaringan yang tertinggal, maka dokter akan membantu membersihkannya, salah satunya dengan cara divakum (sedot) atau dengan dikuret.

Semoga bermanfaat.

Dijawab oleh dr Hafidz (Pengasuh rubrik kesehatan Konsultasisyariah.com)

Anda bisa membaca artikel ini melalui aplikasi Tanya Ustadz untuk Android.
Download Sekarang !!

KonsultasiSyariah.com didukung oleh Zahir Accounting Software Akuntansi Terbaik di Indonesia.

Dukung Yufid dengan menjadi SPONSOR dan DONATUR.

  • SPONSOR hubungi: 081 326 333 328
  • DONASI hubungi: 087 882 888 727
  • Donasi dapat disalurkan ke rekening: 4564807232 (BCA) / 7051601496 (Syariah Mandiri) / 1370006372474 (Mandiri). a.n. Hendri Syahrial